Pencarian Kegiatan

 

BELAJAR DAN BERMAIN DI MINI ZOO SEKOLAH TALENTA



Hari ini Selasa, 02 November 2022 kelas 5 SD Talenta mengadakan study wisata ke Mini Zoo Talenta. Kegiatan dimulai dengan berkumpul di lapangan untuk mendengarkan pengarahan dari Ibu Susan selaku Manager Talenta kemudian dilanjutkan dengan ice breaking oleh Pak Nico. Di sini Pak Nico menjelaskan apa saja kegiatan yang akan dilakukan selama di mini zoo beserta Ms dan Mr yang akan mendampingi dalam setiap sesi kegiatan yang akan siswa lakukan selama melakukan study wisata di Mini Zoo. Setiap kelas dibagi – bagi dalam 4 sesi yaitu sesi science, art and craft, games, dan cooking class.

Sesi kegiatan science siswa diminta melakukan percobaan membuat telur asin. Pertama – tama siswa diarahkan ke gazebo dekat Mini Zoo kemudian meminta mereka melepas sepatu dan berbaris sesuai kelompok nomor absen yang telah dibagi oleh team science yaitu Ms Uli. Disini Ms Uli menjelaskan tentang alat dan bahan apa saja yang  dibutuhkan dalam membuat telur asin serta cara membuat telur asin. Setelah penjelasan selesai siswa pun dibagikan 1 buah telur dan 1 buah amplas dimana siswa diminta untuk mengamplas telur tersebut dengan perlahan sampai kulit telur tersebut menjadi halus. Manfaat dari mengamplas telur tersebut agar dapat membuka pori – pori kulit telur sehingga mudah menyerap air garam yang telah dicampurkan pada abu gosok. Setelah mengamplas kulit telur siswa kemudian membalut telur tersebut dengan abu gosok yang sudah diberi air garam. Di sini terlihat ada yang bersemangat ada juga yang merasa jijik karena abu gosok tersebut yang terlihat sangat kotor. Setelah membalut telur asin dengan abu gosok yang telah diberi air garam kemudian siswa membalutnya kembali dengan abu gosok yang kering kemudian menekan – nekan sampai telur tersebut benar- benar terbalut dengan baik. Setelah itu, telur dimasukkan ke dalam plastik yang sudah diberi nama dan siswa diminta untuk membawa pulang telur tersebut dan setelah sampai di rumah siswa diminta untuk membuka telur tersebut dan menunggu 7 hari kemudian melepaskan telur tersebut dari abu gosok yang telah terbalut dan setelah bersih kemudian merebusnya sekitar 1 jam sampai telur itu matang dan siap untuk disantap dan kegiatan science nya pun berakhir.

Setelah itu siswa pun berganti ke sesi berikutnya yaitu games, sesi ini bertujuan untuk mengajarkan kepada siswa tentang bagaimana cara menjaga keseimbangan. Siswa tetap bermain dalam kelompok yang telah dipilih oleh team games.  1 kelompok terdiri dari 4 – 5 siswa. Dimana cara bermain permainan ini adalah 1 kelompok memegang nampan yang berisi 4 gelas yang telah diisi penuh dengan air dan 4 kelompok yang lain berdiri di luar garis dimana kelompok ini bertugas melempar bola agar nampan yang berisi air yang dibawa oleh kelompok lawan dapat jatuh sebelum menyentuh garis finish. Siswa sangat bahagia dalam sesi permainan ini terlihat siswa yang membawa nampan begitu menjaga nampan nya yang berisi air agar tidak tumpah dan terjatuh sedangkan di pihak lawan dengan bersemangat melemparkan bola ke nampan berharap air tersebut tumpah. Sesi games pun berakhir dan ada 2 kelompok yang menang dan diberikan hadiah dan kelompok yang kalah juga tidak akan bersedih karena juga diberikan hadiah. Setelah pemberian hadiah sesi ini pun berakhir.

 

Tepat pukul 09.40 kegiatan dilanjutkan dengan snack dan beristirahat sejenak selama 20 menit. Di sini siswa terlihat sangat lahap menyantap snack yang mereka bawa dan snack yang dibagikan oleh team mini zoo. Setelah snack siswa pun bermain menikmati fasilitas yang tersedia di area Mini Zoo Talenta. Dua puluh menit pun berlalu siswa kemudian mempersiapkan diri untuk melanjutkan ke sesi berikutnya yaitu sesi ketiga dan keempat.

Tepat pukul 10.00 siswa berbaris di area Gazebo Mini Zoo untuk membuat kipas cantik. Dalam sesi art and craft ini siswa dibagikan kertas berwarna warni yang terdiri dari 1 kertas berwarna kuning ukuran besar, bintang, 4 kertas lipat kecil berbentuk persegi panjang dan 2 tali kuning. Siswa pun membuat kipas sesuai petunjuk yang telah diberikan oleh team art and craft yang salah satu timnya bernama Ms Ami. Pertama – tama siswa diminta untuk melipat kertas persegi panjang yang kecil dibagi menjadi dua bagian kemudian dilipat kembali menjadi 3 bagian. Kemudian kertas tersebut dilipat menjadi seperti kipas, digabungkan menggunakan double tape dan benang kemudian dimasukan ke dalam kertas yang telah digabungkan dan dibentuk menjadi kipas yang jika di slide kipas tersebut dapat terbuka. Dalam kegiatan ini team art and craft sangat telaten dalam membantu siswa dalam membuat kipas hingga semua siswa dapat membuat kipas tersebut sampai selesai. Setelah itu siswa menyimpan hasil kipas tersebut di dalam tas dan kemudian cuci tangan untuk menuju ke ruangan cooking class.

Sebelum masuk ruangan cooking class siswa diberikan celemek satu persatu untuk dipakai dan berdiri di barisan sesuai petunjuk dari team cooking. Di sini Bu Susan sebagai manager menjelaskan bagaimana cara memasak nasi goreng singapura yang benar dan enak. Siswa memperhatikan caranya kemudian akan mempraktekkannya bersama kelompoknya. Penjelasan dari Ibu Susan pun berakhir siswa diminta memasak nasi goreng sesuai petunjuk yang telah diberikan. Langkah pertama yang siswa lakukan adalah mempersiapkan bumbu nasi goreng dengan mengupas bawang, memotong nya dan mengirisnya menjadi bagian kecil – kecil. Teman yang lainnya bertugas memotong sosis dan bakso yang telah disiapkan. Setelah semua bahan sudah siap, salah satu siswa menyalakan kompor dan memasukkan margarin hingga margarin tersebut pun cair kemudian memasukkan bumbu seperti bawang putih dan bawang bombay dioseng – oseng sampai harum kemudian memasukkan telur, di oseng – oseng sampai telur itu matang kemudian memasukkan nasi yang ada di magic com. setelah itu, memasukkan  sosis dan bakso yang telah dipotong, sayur, lada, dan penyedap rasa, kemudian diaduk – aduk sampai bumbu meresap dan merata. Setelah dianggap sudah matang kemudian siswa pun mematikan kompornya. Setelah itu nasi goreng tersebut dimasukkan ke dalam wadah yang telah disiapkan. Setelah dianggap nasi goreng itu dingin kemudian nasi goreng itu ditutup dan dimasukan ke dalam tas kecil yang telah dibagikan oleh pihak Talenta dan dibawa pulang untuk disantap bersama keluarga di rumah. Saat cooking class berlangsung siswa sangat senang apalagi ada beberapa siswa yang memang sudah terbiasa memasak atau bahkan ada yang hobinya memasak. Jam pun menuju pukul 12.10 siswa pun berkumpul di kantin sekolah untuk menyantap makan siang berupa soto ayam yang sangat enak. Karena enaknya ada beberapa siswa yang nambah sebanyak 3 kali. Setelah makan siang selesai siswa beres – beres, doa, dan memberikan salam dan ucapan terima kasih kepada semua team mini zoom kemudian mereka pun pulang ke rumah masing–masing.

By Tim Kelas 5


Sekolah Talenta Bandung - Indonesia